PAMERAN DARING DISEMINASI ONLINE

1. Produk SEJABA (Selai Jagung Bajeman).
Selai Jagung Bajeman atau biasa kami sebut dengan Sejaba adalah selai yang dibuat disalah satu Desa Bajeman di Kecamatan Tragah Bangkalan. Jagung merupakan salah satu potensi desa Bajeman yang dimana jagung merupakan makanan pokok sehari-hari. Kadang ada yang menyebutnya beras jagung, yang menurut masyarakat madura dengan adanya campuran jagung dapat menahan rasa lapar lebih lama. Jagung adalah tanaman yang mengadung karbohidrat. Tanaman jagung tidaklah sulit untuk kita menemui tanaman tersebut, sebab didaerah pedesaan sering menanam tanaman jagung.

Dari tanaman jagung tersebut tanamannya bisa di produksi menjadi berbagai jenis olahan salah satunya yang kami proses yakni selai. Yang biasanya selai hanya dibuat dengan rasa melon, strawberry, jeruk, coklat, anggur. Kini dari desa Bajeman menghadirkan rasa baru yang mungkin belum  ada di pasaran yakni Selai Jagung. Selai adalah bahan dengan konsisten gel yang atau semi gel yang dibuat dari sari buah. Untuk pemanfaatan selai kita menggunakan dari air pati jagung.

2. Produk KUDABU (Kerupuk Daun Bambu).
Krupuk daun bambu atau yang kami sebut KUDABU adalah makanan ringan yang berbahan dasar daun bambu. Saat ini, banyak yang masih menganggap tabu pemanfaatkan daun bambu sebagai olahan makanan. Tidak seperti rebungnya yang sudah lumrah dimasak sebagai sayur, daun bambu selama ini hanya dimanfaatkan sebagai makan ternak, padahal daun bambu memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan, di China dan Amerika sudah lama menjadikan daun bambu menjadi teh.

Salah satu kandungan yang terdapat pada daun bambu adalah zat flavon. Zat flavon ini sendiri memiliki manfaat sebagai salah satu sumber anti-oksidan sekaligus penghambat oksidasi xantin menjadi asam urat. sedangkan mikroelemennya baik untuk menurunkan lemak darah serta kolestrol. Selain zat flavon, kandungan lain yang terdapat pada daun bambu adalah polisakarida, asam amino, klorofil, dll. Daun bambu memiliki banyak khasiat antara lain; meningkatkan sistem imun, melancarkan saluran kemih, menurunkan kolesterol, sebagai suplemen, mengobati asam urat, menangkal radikal bebas, memperbaiki sel darah merah, menyehatkan jantung, menyehatkan limpa, dan menyehatkan hati.

Melihat banyaknya manfaat dari daun bambu diatas, serta melimpahnya potensi tanaman bambu yang banyak ditemukan di desa Bajeman, maka kami memilih memanfaatkan daun bambu sebagai olahan makanan ringan.

3. Produk PUJANGGA (Kerupuk Jagung Bajeman).
Pujangga adalah sejenis makanan yang terbuat dari campuran adonan tepung dan ampas jagung, yakni Kerupuk Jagung Bajeman. Kerupuk merupakan jenis makanan yang sangat diminati masyarakat luas. Pemanfaatan jagung sebagi bahan baku industri akan memberi nilai tambah, dengan adanya kerupuk ini dapat memberikan inovasi yang baru terhadap produk jagung.

Hasil Produk Yang Telah Dibuat (SEJABA, KUDABU, PUJANGGA)

Hasil Produk Unggulan (Meliputi Cara Pembuatan Dan Hasil Kemasan)


Iklan Singkat Salah Satu Produk Kerupuk Daun Bambu (KUDABU)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar